Bisnis Kue Melejit
Memanfaatkan Peran Media Online
"Niken Indra Dhamayanti sukses menjalankan bisnis kue dengan omset Rp
100 juta per bulan, dengan mengoptimalkan peran media online."
Tak bisa kita pungkiri bila perkembangan
teknologi khususnya internet, sekarang ini menjadi media pemasaran yang cukup
efektif bagi para pelaku usaha. Bahkan, saking besarnya peranan internet,
banyak pengusaha yang mulai tertarik memasarkan berbagai macam produk maupun
jasa mereka melalui pasar dunia maya. Salah satunya saja seperti Niken Indra
Dhamayanti yang sukses menjalankan bisnis kue via online, setelah Ia
mempublikasikan foto kue buatannya melalui akun jejaring sosial yang Ia miliki.
Merintis bisnis kue tematik atau yang lebih dikenal masyarakat dengan
istilah kue tiga dimensi, membuat Ibu dua anak ini rela meninggalkan
pekerjaannya di Nokia Siemens Networks yang telah Ia geluti selama 13 tahun.
Niken memilih fokus menekuni bisnis kue tiga dimensi
ini karena menurutnya potensi pasarnya masih sangat besar, sehingga tidak
menutup kemungkinan bila setiap bulannya Ia bisa mengantongi omset lebih besar
daripada gaji yang dulu Ia terima setiap bulannya.
Mengawali bisnisnya pada bulan Desember tahun 2007, Niken menggunakan nama
Coklatchic sebagai brand bisnis yang Ia bangun. Nama tersebut sengaja dipilih
Niken karena Ia sengaja menggunakan coklat sebagai bahan dasar untuk
menghias kue-kue buatannya. Keunikan inilah yang membuat kue tematik buatan
Niken lebih unggul dibandingkan produsen lainnya yang rata-rata menggunakan
fondant untuk menghias kue-kuenya.
Selain mencipkatan keunikan untuk memenangkan
persaingan pasar, Niken juga memanfaatkan peranan media online untuk memasarkan
produk-produknya. Memanfaatkan jejaring sosial
sepeti facebook, membuka toko online dengan website gratisan, serta menggunakan
situs jual beli online untuk mendatangkan calon pelanggan, kini Niken bisa
meraup omzet penjualan hingga mencapai Rp 100 juta setiap bulannya.
Kejelian Niken dalam memanfaatkan media online, serta kreativitasnya dalam
membuat beragam jenis desain kue tiga dimensi, menjadikan omzet bisnis kue
tematik buatan Niken mengalami lonjakan omset yang awalnya hanya berkisar
puluhan juta rupiah, kini bisa melonjak pesat hingga mencapai angka Rp 100 juta
per bulan.
Semoga kisah sukses yang membahas bisnis kue melejit
memanfaatkan peran media online ini bisa memberikan tambahan
wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk ikut
terjun memanfaatkan media online dalam mengembangkan usahanya. Maju terus UKM
Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar