Kamis, 14 November 2013

Andai Aku Menjadi Menteri Koperasi

Andai Aku Menjadi Menteri Koperasi

Setiap orang pasti punya cita-cita ingin menjadi seorang pemimpin, begitu pula dengan saya,ingin  menjadi Menteri Koperasi. Karena dengan menjadi seorang Menteri Koperasi, kita dapat menunjukkan bahwa kita apa yang kita lakukan itu membuahkan hasil dan dapat membahagiakan kedua orang tua kita yang selama ini berjuang agar kita dapat menjadi seorang pemimpin. Agar dapat menjadi seorang Menteri Koperasi, tidak mudah untuk kita dapatkan memerlukan usaha yang sangat keras untuk menjadi seorang Menteri Koperasi. Tidak semudah seperti membalikan telapak tangan untuk menjadi seorang Menteri Koperasi, kita harus melewati berbagai tahap,proses dan waktu yang cukup lama untuk menjadi seorang Menteri Koperasi.

Berikut tugas dan fungsi dari Kementerian Koperasi dan UKM

Seandainya saya menjadi Menteri Koperasi, saya akan menjalankan tugas sesuai apa yang diharapkan oleh pemerintah dan bertanggung jawab untuk meningkatkan koperasi di Indonesia. Karena koperasi yang ada di Indonesia sulit berkembang dalam mencapai kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan utama dibentuknya koperasi di Indonesia. Kurang tahunya masyarakat tentang koperasi menjadi alasan utama kenapa koperasi di Indonesia sulit berkembang dan aspek lainnya.

Berikut cara yang akan saya lakukan seandainya menjadi Menteri Koperasi :
1.       Melakukan sosialisai untuk lebih memperkenalkan Koperasi kepada masyarakat
Sosialisai sangat penting dalam membangun koperasi di Indonesia, karena dengan adanya sosialisai yang dilakukan oleh Kementrian Koperasi dan UKM dalam memperkenalkan koperasi dan mencari anggota koperasi di masyarakat. Dengan bertambahnya anggota koperasi membuat koperasi dapat mengembangkan usaha yang diinginkan pemerintah untuk mensejahterahkan masyarakat. Pertama yang saya lakukan dalam mensosialisasikan koperasi yaitu dengan iklan dalam media apapun, termasuk televisi, koran, majalah, pamphlet, dan lain sebagainya. Selanjutnya yaitu melakukan seminar di berbagai tempat untuk memperkenalkan koperasi kepada masyarakat terutama pada generasi muda. Berikutnya yaitu dengan langsung datang kepada masyarakat dalam memperkenalkan koperasi. Melalui cara tersebut memungkinkan koperasi diminati oleh masyarakat.

2.       Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas
Sumber daya manusia merupakan hal yang penting dalam menjalankan koperasi, apabila tidak adanya sumber daya manusia maka koperasi itu dipastikan tidak akan berjalan. Dalam sumber daya manusia diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas dipastikan koperasi akan menjalankan tugasnya sesuai keinginan pemerintah dalam mewujudkan kesejateraan masyarakat. Untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkulitas diperlukan berbagai cara yaitu dengan melakukan pelatihan dan memberikan beasiswa dalam bidang kopersi. Bukan hanya dengan melakukan pelatihan dan memberikan beasiswa saja tapi mereka juga dilatih untuk jujur dalam melaksanakan tugas dalam koperasi. Bila semuanya sudah terpenuhi akan dipastikan bahwa koperasi dapat berkembang dan maju di Indonesia.

3.       Menggantikan pengurus lanjut usia dengan generasi muda
Dalam suatu organisasi atau badan, pasti diperlukan regenerasi dimana pengurus lama yang sudah lanjut usia akan digantikan oleh pengurus baru yaitu generasi muda. Dengan menggantikan pengurus lanjut usia dengan generasi muda, memungkinkan adanya inovasi dan ide kreatif yang akan dikembangkan oleh generasi dalam melaksanakan tugas didalam koperasi. Bukan hanya memunculkan inovasi dan ide kreatif dalam menggantikan pengurus yang lanjut usia dengan generasi muda, tetapi adanya regenerasi dalam tubuh koperasi untuk terus menjalankan tugas untuk mensejahterahkan masyarakat yang menjadi tujuan utama koperasi di Indonesia. Dan dalam mencari pengurus yang merupakan generasi muda itu diperlukan pengurus yang bertanggung jawab,  punya kesadaran, dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin, dan dapat menghasilkan keputusan yang baik untuk kemajuan koperasi di Indonesia.

Kita ketahui bahwa dalam mesejahterahkan masyarakat, pemerintah sudah melakukan berbagai cara salah satunya dengan mendirikan koperasi. Karena dengan adanya koperasi dapat membantu masyarakat dalam membuka usaha masyarakat itu sendiri dalam mensejahterahkan hidupnya. Dengan sejahterahnya masyarakat maka Indonesia dapat diakui sebagai Negara oleh kalangan internasional. Mungkin dari cara diatas yang akan lakukan, seandainya menjadi Menteri koperasi diharapkan dapat mengembangkan koperasi di Indonesia. Dengan berkembangnya koperasi di Indonesia diharapkan dapat mensejahterahkan masyarakat yang menjadi tujuan utama dari koperasi.

Demikianlah yang saya akan lakukan seandainya saya menjadi Menteri Koperasi. Semoga dengan apa yang saya sampaikan dapat mengembangkan koperasi di Indonesia. Walaupun ada kekurangan dalam penyampaian saya tentang mengembangkan koperasi, mungkin dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan koperasi di Indonesia.

Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar